Pengamanan Jelang Pilkada, TNI Lakukan Sweeping di Daerah Perbatasan


Ilustrasi. (Foto: Faisal)
Ilustrasi. (Foto: Faisal)

ANAMBASPOST.COM, NASIONAL – Personel TNI melakukan sweeping di daerah perbatasan Papua jelang Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2015. Hasilnya, ditemukan sejumlah senjata berupa pistol, senjata tajam dan juga minuman keras.

Sweeping yang dilakukan oleh Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) dari Batalyon Infanteri Linud 431/SSP di Arso, Kabupaten Keerom, Papua. Satgas itu saat ini tengah bertugas di jajaran Kolakops Korem 172/Praja Wira Yakhti.

Saat dibuka dari halaman Detiknews, berdasarkan informasi dari Kapendam Cenderawasih XVII/Cenderawasih Letkol Puji Teguh Puji Raharjo, sweeping dilakukan di pertigaan Jalan Arso Kota-Workwana-Kaliup dan dipimpin oleh Danki B Lettu Inf Teguh Whisnu pada Rabu (25/10). Daerah tersebut berada di dekat perbatasan Papua Nugini.

“Satgas berhasil mengamankan puluhan botol miras, sajam dan 3 pucuk pistol air soft gun. Kegiatan sweeping ini akan terus dilaksanakan untuk menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Arso, apalagi menjelang dilaksanakannya pemilukada secara serentak pada bulan Desember yang akan datang,” ungkap Teguh dalam keterangannya, Kamis (26/11/2015) malam.

Sementara itu menurut Danyonif 431/SSP Mayor Inf Teguh Wiratama, sweeping tentunya dilakukan pada waktu-waktu yang tidak ditentukan. Selain melakukan sweeping, satgas juga akan melaksanakan kegiatan teritorial di wilayah penugasannya tersebut. Sehingga masyarakat akan lebih dekat dan menyatu dengan TNI guna meningkatkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

Sweeping di daerah tersebut memang tengah gencar dilakukan oleh satgas pamtas. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan situasi yang kondusif. Mengingat beberapa waktu lalu di daerah Arso sempat terjadi penculikan oleh kelompok bersenjata yang membawa sandera hingga menyebrang ke Papua Nugini.

“Hasil yang dicapai selama pelaksanaan Sweeping selalu dapat menggagalkan peredaran miras maupun narkoba, bahkan berhasil mengamankan senjata. Saya bangga dan sangat mengapresiasi keberhasilan satgas, lanjutkan kegiatan sweeping untuk menciptakan kenyamanan bagi seluruh masyarakat,” ucap Komandan Korem 172/PWY, Kolonel INF Sugiyono, seperti tertulis dalam keterangan yang sama.
(elz/bal/Red AP)

BACA JUGA  Gubernur Ansar Berikan Laluan Provinsi Natuna Anambas

 

 

Sumber: News.detik.com




Bagikan Artikel ini


Terhubung dengan kami