Disdik Kepri Gaungkan Siswa Bersepeda

  • Whatsapp

BATAM (KP),-  Plt Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, H. Isdianto secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Dinas Pendidikan tahun 2020. Rakor tersebut mengusung tema merdeka belajar dan di ikuti 600 peserta. Rakor dilaksanakan di Hotel Travelodge Batam dari tanggal 24 – 26 Februari 2020.

Maksud dan tujuan Rakor adalah untuk memelihara dan memantapkan kerjasama antara Disdik Kepri dan Disdik kabupaten kota sebagai mitra kerja, dan menyampaikan informasi tentang kebijakan merdeka belajar, yang berkaitan dengan ujian nasional berbasis kompetensi.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, DR. Muhammad Dali MM dalam sambutannya mengatakan, Dinas Pendidikan akan memulai kegiatan pembangunan pendidikan yang telah diprogramkan untuk tahun 2020. Hal ini berkaitan dengan visi dan misi kementrian pendidikan dan kebudayaan serta visi dan misi Pemprov  Kepri yang juga diperkuat dengan implementasi strategi Dinas Pendidikan dalam pelaksanaan  pendidikan  tahun 2020.

“Kordinasi dan evaluasi saat ini, dimaksud untuk dapat dijadikan sarana bagi membahas isu yang krusial dan strategis, yang dapat digunakan sebagai landasan dalam menghadapi pelaksanaan pembangunan pendidikan tahun 2020 untuk didapatkan solusi pemecahanya, diharapkan Rakor ini menghasilkan keputusan yang efektif untuk suksesnya pelaksanaan pembangunan pendidikan sepanjang tahun 2020,” ujar Muhd Dali.

Kata Muhd Dali, dalam mengimplementasikan Impres Nomor 9 tahun 2016 tentang revitalisasi Kepri merupakan salah satu dari 9 provinsi yang menjadi pilot projek penyelenggara. Secara langsung Kepala Dinas Pendidikan juga  menyampaikan kepada Plt Gubernur Kepri perihal Dinas Pendidikan dalam waktu dekat akan menggaungkan tentang siswa bersepeda.

“Kami sampaikan kepada Pak Gubernur sekaligus mohon izin,  dalam waktu dekat Dinas Pendidikan akan menggaungkan tentang siswa bersepeda, atas dasar zonasi, kenapa dikatakan siswa bersepeda, karena kami akan mulai melarang anak-anak yang belum memiliki SIM untuk tidak menggunakan sepeda motor pergi kesekolah,” terangnya.

Lihat juga  Mengingat Covid-19, Isdianto Minta SBMPTN Laksanakan di Tanjungpinang dan Batam

Ditempat yang sama Plt Gubernur Kepri dalam sambutannya mengatakan bahwa pergantian kepemimpinan di kementrian pasti akan ada perubahan yang sudah diseleksi dan dirumuskan kebijakan untuk supaya anak-anak dan guru lebih pintar.

“Kordinasi ini saya berharap antara Kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota bersinergi saling melihat apa yangmenjadi kepentingan dan kebutuhan, juga mengevaluasi apa kira kira pekerjaan yang telah lalu, tentunya rumusan yang telah di bahas akan dimasukan ke RPJMD.” Ujar Isdianto.

“Semoga mimpi kita memiliki SDM yang handal dapat tercapai, peran serta dari bapak ibu guru kita harapkan untuk membangun Provinsi Kepri semakin baik, sebagaimana yang disampaikan bapak presiden bahwa untuk membangun suatu daerah itu tergantung pada SDM daerah itu sendiri,” Imbuh Isdianto.

Rakor diikuti seluruh Kepala Sekolah di Provinsi Kepulauan Riau, Stakeholder pemangku kebijakan disetiap Dinas Pendidikan di Kabupaten dan Kota. Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bidang Pendidikan, dan juga Lembaga Vertikal yang berkaitan dibidang Pendidikan seperti Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Badan Akreditasi Nasional (BAN), Kemenag, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. (KP)


Laporan : Effendi Abidin


Pos terkait