Asril : Pembangunan Yang Ada di Anambas Jangan Bertumpu Kepada APBD Saja


ANAMBASPOST.COM, SIANTAN – Sebagai Kabupaten termuda di Provinsi Kepri, tidak dipungkiri Kabupaten Kepulauan Anambas masih terus berbenah dan terus membangun. Pembangunan pun terbagi pada tiga pulau besar yang ada di kabupaten maritim ini. Walaupun pembangunan masih menggeliat, namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pembangunan tersebut salah satunya mengenai pembiayaan pembangunan.

Salah seorang tokoh pemuda di Anambas, Asril Masbah mengatakan, pembangunan yang ada di Anambas ini masih bertumpu kepada APBD. Sebenarnya, perlunya upaya serta langkah yang dilakukan agar pembiayaan pembangunan tidak bertumpu pada APBD.

Lanjut, Asril menyebutkan, pengambil kebijakan harus bisa dan mampu untuk mengambil dana yang ada di kementrian atau di pusat. “Hal ini perlu menjadi perhatian. Karena kalau hanya mengandalkan APBD terus , otomatis akan membebani keuangan daerah,” sebut Asril, Jumat (30/10/2015).

Lebih lanjut dirinya juga menyoroti soal pembangunan yang ada di Pulau Jemaja. Kita bisa lihat sendiri, masih banyak sektor-sektor potensial yang terdapat di pulau Jemaja seperti kelautan dan perikanan serta pariwisata masih kurang mendapatkan perhatian.

“Fenomenanya saat ini seperti itu. Bila mengambil dari APBN, tentunya hal ini mudah untuk direalisasikan. Banyak infrastruktur yang dapat dibangun tidak hanya untuk di Jemaja saja, namun di pulau besar lainnya di Anambas seperti di Pulau Siantan dan Palmatak,” ungkapnya.

Tidak jarang, isu ini pula yang dimanfaatkan oleh pasangan calon untuk menarik simpati dari masyarakat. Ia pun mencontohkan, pasangan Soerya-Ansar yang beberapa kali melakukan kunjungan ke Anambas, serta berupaya agar meningkatkan pembangunan di Anambas salah satunya di pulau Jemaja.

“Masyarakat hari ini sudah cerdas. Artinya, mereka sudah bisa menilai figur calon pemimpin mereka. Seperti Pak Ansar. Bila berbicara bukti, bisa dilihat apa yang sudah dibangun untuk Bintan yang rata-rata bersumber dari APBN ,” terangnya.

BACA JUGA  APBD P Diketok Palu Pada Angka 928 Milyar

Hal tersebut, tentu saja perlu mendapat pengawasan dari masyarakat agar kepala daerah yang memimpin kedepan bisa membuktikan janji mereka saat melakukan kampanye.

“Ini juga menjadi poin penting lainnya. Artinya, janji yang selama ini disampaikan agar dapat direalisasikan. Harapan kita semua, bahwa Anambas ini terus maju sehingga mampu bersaing dengan kabupaten/kota lainnya,” tutupnya. (Sal)




Bagikan Artikel ini


Terhubung dengan kami