Tahun Ini, BPN Anambas Cetak 2.723 Sertifikat Program PTSL dan Redistribusi Tanah

  • Whatsapp
Kakan BPN Anambas,Hermansyah Simatupang, ketika berada di ruang kerjanya

SIANTAN, AnambasPos.co.id Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Anambas telah berhasil menerbitkan 21.228 Sertifikat Tanah gratis terhitung dari tahun 2017 hingga tahun 2021.

Untuk tahun 2021 sendiri, jumlah Sertefikat yang telah diterbitkan melalui Program Pemerintah Pusat dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 1.223 Sertifikat.

Seluruh Sertifikat PTSL tersebut adalah milik masyarakat Desa Air Bini, Kecamatan Siantan Selatan dengan jumlah 800 Sertifikat dan masyarakat Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan Sebanyak 423 Sertefikat.

” Sertefikat PTSL yang kita terbitkan pada tahun 2021 sebanyak 1.223, terbagi untuk masyarakat dari dua desa, yaitu Desa Air Bini dan Desa Tarempa Selatan,” ucap Hermansyah Simatupang selaku Kepala Kantor (Kakan) BPN Anambas ketika ditemui AnambasPos.co.id. Kamis (26/08/2021).

Kakan BPN Anambas yang akrab disapa dengan panggilan Papang ketika itu juga membeberkan bahwa, selain Program PTSL, BPN Anambas juga menerbitkan 1.500 Sertefikat melalui Program Redistribusi Tanah.

“Kita juga menerbitkan 1.500 Sertefikat melalui Program Redistribusi Tanah atau Sertefikat yang berasal dari pelepasan kawasan tanah hutan. Lokasinya terdapat pada 12 desa seputar Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas,” ungkap Papang.

Adapun masyarakat yang nantinya akan menerima sertifikat gratis dari program Redistribusi Tanah tersebut adalah, Masyarakat dari Desa Tebang sejumlah 63 sertifikat, Desa Air Sena Sebanyak 133 sertifikat, Desa Teluk Siantan 241 Sertifikat Desa Teluk Sunting 165 Serifikat, Desa Air Asuk sebanyak 100 Sertifikat, Desa Lidi 115, Desa Liuk 111 Sertifikat, Desa Mubur 133 Sertifikat, Desa Bayat 126 Sertifikat, Desa Piasan 78 Sertifikat, Desa Batu Belah 140 Sertifikat sedangkan Desa Air Biru sebanyak 96 lembar Sertifikat yang nantinya akan diserahkan kepada seluruh masyarakat yang berhak secara gratis.

Lihat juga  Buron Tujuh Hari, Pelaku Curas di Tulang Bawang Barat Ditangkap Polisi

“Seluruh Sertifikat yang telah diterbitkan melalui Program PTSL dan Redistribusi Tanah di tahun 2021, akan diserahkan secara gratis kepada masyarakat, mengenai jadwalnya kami juga masih menunggu arahan dari atasan,” beber Papang.

Laporan dan Editor : Slamet.

Pos terkait