Disparbud KKA Gelar Pelatihan Untuk 7 Desa Wisata

  • Whatsapp
Saat berlangsungnya kegiatan pelatihan yang di ikuti oleh 7 pengurus Desa Wisata dan juga beberapa perwakilan pengelola resort serta HPI.

AnambasPos.co.id  – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) kembali menyelenggarakan Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar.

Kegiatan yang terlaksana dengan menggunakan sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Dana Pelayanan Kepariwisataan Tahun Anggaran 2021 tersebut bertujuan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di bidang Pariwisata. dan terbagi dalam 7 Pelatihan dengan basis Desa Wisata.

Untuk tahap pertama, pelatihan yang terbagi dalam 7 kegiatan dengan basis Desa Wisata ketika itu mengikut sertakan 7 Desa Wisata di KKA dan sekaligus memberikan 3 Materi Pelatihan.

Salah satu bentuk kegiatan diantaranya adalah Pelatihan Digitalisasi : Branding, Pemasaran, Penjualan pada Desa Wisata, Homestay, Kuliner, Souvenir, Fotografi, bertempat di Desa Wisata Belibak, Pulau Pangeran dimana peserta akan tinggal di Homestay rumah warga selama pelatihan berlangsung.

narasumber yang didatangkan dari tenaga akademis Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ketika menyampaikan meteri kepada peserta pelatihan.

Adapun Peserta Pelatihan diikuti oleh Desa Wisata aktif di Kepulauan Anambas, diantaranya Desa Belibak, Desa Batu Belah, Desa Batu Ampar, Desa Piasan, Desa Langir, Desa Putik, Desa Teluk Siantan, HPI (Himpunan Pramu Wisata Indonesia) dan Perwakilan Pengelola Resort Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari terhitung dari tanggal 26 sampai dengan 27 Agustus 2021, dibagi dalam 2 materi pelajaran yaitu Kelas Teori dan Praktek dimana peserta akan mempraktekkan cara membuat aplikasi dan website.

Sementara itu narasumber yang mengisi Pelatihan didatangkan dari tenaga akademis Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dan tenaga praktisi dari BUMDES Guha Bau, Desa Wisata Kertayasa Pangandaran, selaku Desa Wisata Terbaik Kategori Maju Tahun 2019.

Lihat juga  Warga dan Satgas TMMD "Keroyokan" Rangkai Besi
Kepala Disparbud Anambas, Maskur ketika menyampaikan kata sambutan dalam acara pembukaan kegiatan pelatihan

“Harapannya setelah pulang dari pelatihan, para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dan mengembangkan aplikasi digitalisasi di Desa Wisatanya sehingga nantinya dapat dilakukan promosi media online secara efektif dan berdampak semakin dikenalnya serta tingginya kunjungan wisata ke Desa Wisata,” Kata Kepala Disparbud KKA, Maskur, saat pembukaan kegiatan yang sedang berlangsung. Kamis (26/08/2021).

Turut menghadiri pembukaan tersebut, Kepala Desa Belibak, Kepala Bidang Obyek Sarana dan Prasarana Pariwisata dilaksanakan dengan mengikuti Protokol Kesehatan yang ketat dimana setiap peserta harus membawa surat rapid antigen negative covid-19 dan dibekali masker, sanitizer, vitamin dan perlengkapan lainnya serta tetap menjaga jarak.

Kegiatan ini sendiri mendapat antusias yang cukup tinggi baik dari para peserta, diikuti dengan aktifnya para peserta dalam mengikuti materi kelas, diskusi kelompok, tanya jawab maupun pengerjaan tugas-tugas yang diberikan Narasumber maupun masyarakat Desa Belibak, dimana warga menyediakan Homestay-homestay yang layak huni serta ikut meramaikan berjualan berbagai kuliner di sekitar tempat pelatihan.

Editor : Slamet.

Pos terkait