Melaui Wilker TWP Kepulauan Anambas, Loka LKKPN Pekanbaru Bangun CRG dan Mengibarkan Bendera Dibawah Laut

  • Whatsapp
Tim Wilker TWP Kepulauan Anambas saat melakukan CRG di perairan laut Desa Batu Belah guna melestarikan wisata bahari berbasis masyarakat

Batu Belah, Siantan Timur, AnambasPos.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 76, Loka KKPN Pekanbaru melalui Wilker TWP Kepulauan Anambas kembali lakukan rangkaian kegiatan Coral Reef Garden berbasis masyarakat di Pulau Temawan, Desa Batu Belah, Kabupaten Kepulauan Anambas pada hari Senin, 16 Agustus 2021.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dan rangkaian kegiatan sebelumnya yang sesuai dengan perencanaan, seperti pembuatan media, peletakan media, dan pemasangan fragmen yang kesemuanya berbasis masyarakat.

Sedangkan yang berlangsung kali ini berupa sebuah kegiatan yang dinamakan transfer knowledge transplantasi terumbu karang yang diperuntukan untuk masyarakat Desa Batu Belah dalam rangka mengelola CRG kedepannya.

Kegiatan diawali dengan pembekalan materi di Kantor Desa Batu Belah dan diikuti oleh Kepala Desa Batu Belah, Perangkat Desa Batu Belah, Bumdes Tujuh Kinci, Kelompok Batu Belah Bersatu, masyarakat, serta tamu undangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sedangkan untuk penyampaian Materi kegiatan disampaikan langsung oleh Rika Kurniawan sebagai tenaga ahli dari Universitas Maritim Raja Ali Haji Fisabilillah Tanjung Pinang.

Setelah pembekalan materi, kegiatan selanjutnya adalah penanaman fragmen terumbu karang pada media di lokasi coral reef garden perairan Pulau Temawan oleh para peserta dengan didampingi Tim Wilker TWP Kepulauan Anambas.

Calon pengelola dan para peserta mempraktikkan langsung penanaman fragmen terumbu karang yang akan menjadi bibit pada kebun karang. Tim menjelaskan cara melakukan penanaman fragmen kepada peserta dan melakukan pengumpulan data seperti spesies, tinggi, dan diameter fragmen sebagai kondisi T0 yang akan menjadi dasar monitoring selanjutnya.

Bendera Merah Putih dikibarkan tepat ditaman CRG dalam rangka menyambut HUT Kemri ke 76

Lebih lanjut lagi, Kepala LKKPN Pekanbaru, Fajar Kurniawan mengatakan bahwa, kegiatan ini dilangsungkan sejalan dalam memperingati HUt Kemari yag ke 76.

Lihat juga  Camat Jemaja Barat Minta Tiga Desa di Wilayahnya Siap Pertahankan Zona Hijau

“Sejalan dengan tema Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-76 Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh maka dengan CRG ini kita berharap dapat membantu menciptakan pesisir yang tangguh, karena CRG ditujukan untuk pengkayaan keanekaragaman hayati dan proteksi ancaman abrasi pesisir.” Kata Fajar sebagaimana rilis yang disampaikan kepada Redaksi AnambasPos.co.id, Selasa (17/08/2021).

Fajar juga menambahkan bahwa manfaat CRG lainnya adalah untuk edukasi, rumah ikan dan atraksi wisata yang diharakan dapat mendorong tumbuhnya geliat ekonomi masyarakat sekitarnya.

Dalam rangka menyambut HUT RI ke 76 dilakukan pula Pengibaran Bendera Bawah Air yang dilakukan dengan khidmat di atas kebun karang yang telah selesai ditanami fragmen karang perairan di Pulau Temawan, Desa Batu Belah.

“Dengan tersedianya CRG ini, diharapkan terdapat peningkatan potensi wisata bahari di KKPN TWP Kepulauan Anambas yang nantinya dapat dikelola langsung oleh masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat pesisir agar menjadi masyarakat yang mandiri dan sejahtera”, pungkas Fajar.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Batu Belah, Babandi, menyampaikan komitmen dan kesediaan masyarakat Desa Batu Belah untuk menjaga, merawat dan memanfaatkan CRG ini. Babandi juga mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ditjen Pengelolaan Ruang Laut yang telah memilih desa mereka sebagai lokasi CRG.

” Semoga CRG ini membawa kebermanfaatan bagi pelaku wisata dan pelaku perikanan khususnya, dan masyarakat Batu Belah pada umumnya,” ucap Babandi.

Sumber: Ronal
Editor : Slamet.

Pos terkait