PKB DTPK Tahap II Kembali Terlaksana di Desa Rewak

  • Whatsapp
Saat berlangsungnya kegiatan PKB di Desa Rewak

REWAK, JEJAMA, AnambasPos.co.id Masyarakat Desa Rewak antusias mengikuti kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) yang diselenggarakan oleh Tenaga Kesehatan dari Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

PKB adalah salah satu dari kegiatan pelayanan kesehatan di Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) yang saat ini terselenggara di Desa Rewak Kecamatan Jemaja KKA.

Adapun kegiatan ini juga merupakan kegiatan tahap dua yang sebelumnya telah diselenggarakan pada bulan Februari lalu.
Selaku koordinator lapangan, yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Premier, Titik Nurani ketika dikonfirmasi langsung AnambasPos.co.id menjelaskan, pada dasarnya pelayanan kesahatan ini telah diprogram menjadi tiga bagian, yaitu Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB), Telemedisin, dan Pelayanan Gugus Pulau.

“Kegitan ini salah satu kegiatan dari pelayanan kesehatan DTPK . Antara lain Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB), Telemedisin, dan Pelayanan Gugus Pulau. Kita di Provinsi Kepulauan riau mengambil layanan kesehatan bergeraknya ,” jelas Titik kepada AnambasPos.co.id, Kamis (12/08/2021).

Para Dokter dari Provinsi Kepri dan KKA saat melaksanakan sunatan massal terhadap anak-anak pulau Jemaja yang telah mendaftar sebagai peserta PKB DTPK Tahap II

Lebih dalam lagi, Titik mengatakan, pada kesempatan tiga hari kedepan, pihaknya siap menerima segala keluhan penyakit tidak menular dari masyarakat Desa Rewak khususnya dan Kecamatan Jemaja umumnya, yang sebelumnya telah melakukan Screening dahulu kemudian akan diarahkan ke dokter umum, spesialis atau dokter gigi.

“Di kesempatan kali ini, hingga tiga hari kedepan, kita akan melayani kesehatan bagi masyarakat Kecamatan Jemaja dan Desa Rewak khususnya. Masyarakat yang memiliki keluhan akan melakukan di screening terlebih dahulu, kemudian baru diarahkann ke dokter yang sesuai dengan hasil screening test,” kata Titik.

Lihat juga  DPRD Anambas Gelar Rapat Paripurna Bahas Ranperda dan Hasil Audit BPK-RI Tahun 2018

Tidak hanya itu saja, Titik juga menambahkan bahwa PKB DTPK kali ini juga melayani sunat massal bagi anak – anak serta kegiatan vaksinasi.

“Kita juga melayani sunatan massal bagi anak – bagi anak dan vaksinasi. Walaupun mungkin sebelumnya sudah ada layanan vaksinasi di Kecamatan Jemaja, namun dengan adanya PKB ini kita ingin meningkatkan asupan masyarakat yang di imunisasi,” ujarnya.

Disisi lain, Suherdi, warga Kelurahan Letung yang sengaja datang untuk mendaftarkan kedua putranya sebagai peserta sunat massal, merasa terbantu dan sangat antusias dengan adanya kegiatan PKB ini.

“Saya sangat antusias dan menantikan kegiatan seperti ini, setidaknya kami masyarakat kecil terbantu yang mungkin tidak memiliki dana untuk menyunat putra – putra kami,” kata Suherdi.

Dilokasi yang sama, terpantau oleh AnambasPos.co.id, Jabridin, Kepala Desa Rewak yang juga ikut andil memandu dan membantu serta mempersiapkan segala keperluan demi suksesnya kegiatan PKB hari ini atau tiga hari kedepan.

“Saya bersama aparatur dari Pemerintahan Desa Rewak tetap siap membantu dengan mempersiapkan segala keperluan kegiatan ini, demi kelancaran pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Laporan : Ilham Idhar
Editor : Slamet

Pos terkait