Harga Karet di Jemaja Merangkak Naik

  • Whatsapp
Batang Karet milik salah satu petani yang berada di pulau jemaja

JEMAJA, AnambasPos.co.id – Harga Komuditas karet di Kecamatan Jemaja Kabupaten kepulauan Anambas (KKA) diakhir-akhir ini mulai mengalami peningkatan harga.

Berdasarkan penjelasan Tukimin, salah satu pengusaha dibidang pertanian dan perikanan yang biasa menampung hasil petani karet dan lainya mengatakan, harga karet yang dibayarkan oleh dirinya kepada para petani karet sebelumnya hanya berkisar  enam ribu rupiah, namun untuk satu bulan belakangan naik menjadi tujuh ribu rupiah.

“Harga karet sekarang ada kenaikan mencapai tujuh ribu rupiah perkilogram (Kg). Tentu harga yang lumayan bagi para pemotong karet jika dibandingkan dengan harga yang mereka terima sebelumnya hanya enam ribu rupiah,” kata Tukimin ketika ditemui AnambasPos.co.id dikediamannya. Senin (21/06/2021).

Tukimin, salah satu pengusaha yang menampung hasil petani karet pulau Jemaja

Lebih dalam lagi, Tukimin yang biasa disapa dengan panggilan pak Ucok oleh warga sekitar mengaku, karet dari para petani di seputaran wilayah pulau jemaja yang ditampung olehnya akan dikirim ke PT. Bintan jaya Tanjungpinang dengan menggunakan kapal laut.

“Banyak prosesnya, karet yang ditampung dari petani biasanya kita kirim ke PT. Bintan Jaya Tanjungpinang. Harga yang mereka tawarkan kekita sekitar 18 ribu rupiah, namun itu jika kualitas karet yang kita kirim berkualitas baik 100 persen,” ungkapnya.

Dari harga tersebut, masih kata Ucok, diakumulasikan dengan biaya trasnpotasi, tambang kapal kargo dan para pekerja, dirinya hanya mampu membayar 7.000 rupiah kepada petani karet di Jemaja.

“dari harga yang ditawarkan PT, kita hanya mampu memberikan harga 7.000 per Kg kepada petani,” tuturnya

Ditemui terpisah, Tarmizi, warga Desa Batu Berapit yang juga beraktifitas sebagai pemotong karet kepingan, membenarkan apa yang telah disampaikan oleh Ucok terkait harga yang dibayarkan olehnya kepada para penghasil karet. Kendati demikian, dirinya sangat berharap untuk kedepanya harga bisa terus meningkat agar para penghasil karet bisa merasakan kenaikan harga yang lebih pantas.

Lihat juga  Begini Tanggapan Pengayuh Becak Terhadap Kegiatan TMMD Ke-105

“Ya, beberapa hari lalu saya antar karet empat puluh kilo, memang ada kenaikan dari harga sebelumnya, semoga ini bisa terus meningkat” ucap Tarmizi yang juga berharap pemerintah ikut mendorong kesejahteraan para petani.

Laporan : Ilham Idhar

Editor : Slamet.

Pos terkait