Inisiatif Ketua RT 010 Cegah Covid-19, Dengan Cairan Desinfektan

  • Whatsapp

BATURAJA (KP),- Wilson Ketua RT 010 RW 003 Kelurahan Kemalaraja, Kabupaten OKU, bersama 10 orang sukarelawan warga setempat pada pukul 07.30 WIB melakukan penyemprotan ke rumah-rumah  warga. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi memutuskan rantai penyebaran Virus Corona atau Corona Virus Diasease (Covid-19), yang kini sedang menggemparkan dunia.

Wilson sebagai Ketua RT 010 Kelurahan Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU, Provinsi Sumatera Selatan melakukan penyemprotan cairan desinfektan kesejumlah rumah pemukiman warga yang berada diwilayah RT 010 terutama Lorong Wakaf, Lorong Swadaya, Lorong Sahati, dan Lorong Satria.

“Kegiatan penyemprotan  ini hanya  semata-mata untuk mengantisipasi agar penularan virus Covid-19 bisa dihindari. Juga sekaligus menghimbau warga akan betap menjaga kebersihan lingkungan, dan rajin mencuci tangan sesudah melakukan kegiatan diluar rumah,” ujarnya.

Ketika dihubungi melalui  telepon genggam disela kesibukannya kepada koranperbatasan.com Wilson menyampaikan bahwa peyemprotan cairan desinfektan ke rumah warga hasil bantuan dari swadaya warga RT 010 RW 003. Dana yang terkumpul sebesar Rp 800 ribu kemudian dana dibelanjakan untuk membeli cairan tersebut sebanyak 150 liter dengan dibantu sekurelawan warga setempat, Kamis (9/4/2020).

Dijelaskan Welson, cairan desinfektan diperolehnya dari swadaya warga dan melalui koordinasi dengan pihak kelurahan untuk disemprotkan ke rumah-rumah warga. Hal ini juga sebagai langkah pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus berbahaya Covid-19 yang sudah banyak memakan korban jiwa.

“Awalnya inisiatif saya pergi kekantor kelurahan untuk menanyakan perihal tentang penyemprotan cairan desinfektan. Karena yang saya ketahui sudah ada beberapa RT didaerah sini telah melakukan penyemprotan ke rumah-rumah warganya. Kemudian oleh pihak kelurahan saya diarahkan ke kantor kecamatan, sesampainya disana saya tidak diberikan obat cairan desinfektan dari pihak kecamatan,” terangnya.

Lihat juga  Pemda Anambas Apresiasi Penggagas dan Kinerja Komunitas Jaga Kampung

Meskipun obat desinfektan tidak didapat dari kecamatan dirasa kurang oleh Welson sebagai Ketua RT 010 RW 003 untuk disemprotkan ke rumah warganya sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK). Namun Ketua RT 010 yang dikenal sangat peduli terhadap lingkungannya ini berinisiatif mencari dana ke warga dan akan  meracik sendiri obat cairan desinfektan, agar setiap rumah warga diwilayahnya bisa tersterilkan semua dengan cairan desinfektan racikannya.

“Jika nantinya kurang, kami sudah berinisiatif akan meracik sendiri. Sebab selain rumah warga, juga ada termasuk Mushola dan beberapa gedung ruko toko yang termasuk didalam wilayah RT 10 RW 003 akan disemprot semua dengan menggunakan 4 tengki alat penyemprotan yang mana dari alat penyemprotan ini kami pinjam dari warga RT 10 RW 003 Kelurahan Kemalaraja,” tuturnya.

Lebih jauh disampaikannya, meskipun belum ada warga yang terjangkit virus tersebut (Corona-red), namun mengantisipasi dengan cara melakukan penyemprotan cairan desinfektan seperti ini sangatlah efektif sekali. “Karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,” pungkasnya. (KP).


Laporan : Syahril


 

Pos terkait