Disinfektan Nabati Cegah Covid-19 Diproduksi Oleh KTH Tabalong

  • Whatsapp

TANJUNG (KP),- Merebaknya virus Corona yang mewabah akhir-akhir ini, membuat Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, mengintruksikan kepada semua KPH agar memacu produksi asap cair pada semua Kelompok Tani Hutan (KTH) yang mendapat peralatan.

Asap cair itu bisa digunakan sebagai bahan campuran membuat disinfektan, untuk disemprot ke rumah-rumah warga di desa. Menurut penelitian, cuka kayu dapat dijadikan salah satu bahan pembuatan disinfektan untuk membunuh virus corona. Berbeda dengan disinfektan kimiawi, asap cair ini aman bila terlanjur mengenai manusia.

Tiga KTH binaan KPH Tabalong, Penepeh Lestari Desa Kaong, Sempaga Desa Burum dan Gunung Batuah Desa Santuun, segera memacu produksi asap cairnya. Kini, rata-rata perhari produksi per KTH 30 sampai 35 liter.

“Kita akan genjot terus produksi cuka kayu yang diproduksi disetiap KTH. Targetnya  mencapai 1000 liter. Sehingga dapat digunakan untuk penyemprotan fasilitas umum dan bantuan kepada masyarakat lain, ” ujar Aidil,  Kepala Seksi Pemanfaatan Hutan KPH Tabalong, ketika meninjau proses peoduksi di Desa Kaong, Jumat (3/4).

Dalam penggunaannya, 1 liter asap cair dicampur dengan 100 liter air. Komposisi ini sudah cukup efektif digunakan menjadi disinfektan yang aman. Semoga virus corona yang sangat memprihatinkan ini segera berakhir dengan kerjasama yang baik oleh pemerinta dan semua lapisan masyarakat. (KP).


Laporan : Adam Subayu


Lihat juga  Syarat Pengecualian Terpenuhi, Masyarakat Bisa Melakukan Perjalanan Dalam Suasana Mudik

Pos terkait