Sosialisasi Cegah Penularan Covid-19, Puskesmas Tarempa Manfaatkan Mobil Ambulans

  • Whatsapp

ANAMBAS (KP),- UPT Puskesmas Tarempa memanfaatkan pengeras suara di mobil ambulan menyosialisasikan pencegahan penularan Corona Virus, Senin 23 Maret 2020. Upaya tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19) khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas).

Kepala UPT Puskesmas Tarempa, Januardi meminta masyarakat untuk tidak panik menghadapi Corona Virus, meski penyebarannya sudah terjadi dibeberapa daerah di Indonesia, termasuk di Provinsi Kepri. “Saya ingin masyarakat kita jangan panik. Cukup waspada dan jaga kesehatan diri. Insya Allah kami akan terus memberi sosialisasi ke masyarakat terkait Covid-19 ini,” ujarnya.

Kata Januardi, memang beberapa waktu lalu sosialisasi dilakukan dengan pola mengumpulkan sejumlah warga maupun pelajar sekolah atau ditempat tertentu. Namun seiring kebijakan pemerintah yang sedang fokus mencegah penularan Covid-19, pihak UPT Puskesmas Tarempa melakukan sosialisasi dengan cara memberikan himbauan kepada masyarakat melalui pengeras suara berkeliling Kota Tarempa Kecamatan Siantan menggunakan mobil ambulan.

Pesan-pesan yang disampaikan melalui corong pengeras suara itu mulai dari cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak minimal satu meter dengan lawan bicara, serta menghindari tempat-tempat keramaian. “Bila sakit flu atau batuk pilek segera berobat ke Puskesmas atau rumah sakit dengan mengenakan masker,” terangnya.

Prinsip yang paling utama lanjut Januardi, disamping banyak ikhtiar (berdoa) agar terhindari dari virus ini. Sosialisasi agar masyarakat tahu dan mencegah virus yang membuat keresahan masyarakat. “Kalau masyarakat sudah tahu, maka akan secara sendirinya akan mampu mencegah Corona Virus ini,” pungkasnya. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra


Lihat juga  Praka Budi : “Demi Sukseskan TMMD, Rindu Keluarga Kami Hiraukan''

Pos terkait