Cegah Covid 19, Kadisdik Kepri : “Kegiatan Belajar Mengajar Dilaksanakan di Rumah”

  • Whatsapp

TANJUNGPINANG (KP),- Menanggapi upaya pencegahan dampak Covid 19 melalui surat edaran Gubernur Provinsi Kepri tentang kegiatan belajar mengajar di sekolah, Kadisdik Kepri, Muhd Dali Menghimbau kepada peserta didik, guru dan tenaga kependidikan bersama-sama, menjalani kegiatan belajar mengajar di rumah, dalam mengantisipasi, atau mencegah tertularnya Virus Covid 19 sedang mewabah.

Ditemui koranperbatasan.com di ruang kerjanya, Muhd Dali mengatakan hal ini sesuai dengan surat edaran gubernur dan rapat jajaran petinggi Pemerintah Provinsi Kepri. “Ya, jadi kita sudah sepakat dengan seluruh jajaran stakeholder yang ada di Provinsi Kepri ini. Kita menganjurkan kepada satuan pendidikan, dalam hal ini peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan, melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah,” ujar Muhd Dali.

Masih menurut Muhd Dali, kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara daring, oleh sebab itu pihaknya  atas nama Disdik menghimbau kepada peserta didik, guru dan tenaga kependidikan untuk bersama-sama, menjalani kegiatan belajar mengajar. Menurutnya apa yang  dilakukan, adalah untuk mencegah agar tidak terjadi percepatan penularan, menghambat dengan cara tidak berkomunikasi secara bebas dengan dunia luar yang tidak diketahui sumbernya datang darimana.

“Oleh sebab itu, kami menyampaikan kepada seluruh orang  tua dimana pun berada agar tidak memanfaatkan situasi ini sebagai sebuah liburan. Ini bukan liburan, ini konsep belajar yang dipindahkan dari sekolah ke rumah, selama  14 hari. 14 hari ini memang adalah rekomendasi WHO, lewat dari 14 hari maka dinyatakan aman,” terangnya.

“Nah untuk supaya kita aman kita berada dilingkup yang tertutup, dilingkungan kita masing-masing yaitu di rumah. Jangan ketika dianjurkan untuk belajar di rumah kita manfaatkan untuk bepergian, kesana kemari yang tidak tentu arahnya. Karna dampak penularan itu banyak terjadi karena komunikasi, antar satu dengan lainnya, berinteraksi yang kita tidak ketahui sumber apakah yang bersangkutan memiki virus ataupun tidak,” imbuhnya lagi.

Lihat juga  Penutupan PRL 2019, Stand Tulang Bawang Juara 2

Dali menyampaikan kepada guru-guru di seluruh satuan pendidikan agar menyiapkan konsep belajar online, atau dengan metode diskusi di grub-grub media belajar.  Anak juga dapat membuka laman kementrian pendidikan, membuka konsep-konsep pembelajaran  e-learning yang telah tersedia.

“Mudah-mudahan segala informasi melalui jajaran protokoler bidang pendidikan, pencegahan terhadap dampak Covid 19 ini dapat kita ikuti secara baik, berpola hidup sehat, selalu  mencuci tangan, kemudian menggunakan masker ketika kita dalam kondisi kurang sehat atau dalam keadaan sehat. Tapi kita harus berkomunikasi dengan orang banyak, semoga kita semua dapat perlindungan dari Allah SWT,” tutupnya. (KP).


Laporan : Effendi Abidin


Pos terkait