Jokowi Resmikan TPA Regional Banjarbakula

  • Whatsapp

BANJARBARU (KP),- Pemencetan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden RI, Joko Widodo menandai peresmian Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula di Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Jumat (7/2/2020) sore.

Dalam peresmian ini, Jokowi didampingi, Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Menteri Polhukam Machfud MD, Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto.⁣

Dari jajaran pemerintahan daerah selain Gubernur Kalsel, terpantau hadir Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani, Ketua DPRD Kalsel, H Supian Hk, Bupati Banjar, KH. Khalilurrahman, Anggota Komisi V DPR RI asal Kalsel Rifqinizamy Karsayuda dan sejumlah pejabat kementerian dan pejabat di lingkup Pemprov Kalsel.

TPA tersebut dibangun sebagai sistem sanitasi perkotaan yang sangat dibutuhkan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan pemrosesan akhir sampah.

TPA Sampah Regional Banjarbakula mampu melayani kapasitas maksimal 790 ton per hari yang dihasilkan oleh 2,6 juta jiwa di lima kabupaten/kota di Kawasan Metropolitan Banjarbakula.

Pembangunan TPA Sampah Regional Banjarbakula merupakan dukungan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya kepada Pemerintah Daerah.

Pembangunannya dilakukan sejak 12 Mei 2017 dan telah rampung pengerjaan pada 30 November 2018 dengan anggaran sebesar Rp 149 miliar dalam bentuk kontrak tahun jamak (multiyears contract) 2017-2018.

Di TPA Regional Banjarbakula Jokowi dan jajaran juga menyempatkan penanaman pohon meranti. Presiden juga secara simbolis menyerahkan bantuan dua alat berat untuk operasional sampah.

Selepas meresmikan dan melakukan peninjauan terhadap TPA tersebut, bermalam untuk melanjutkan agenda kunjungan kerja pada esok hari di Momen Hari Pers Nasional (HPN) 2020. (KP).


Pewarta : Adam Subayu


Lihat juga  Aquascape, Bisnis Basah yang Menjanjikan

Pos terkait