Kelurahan Tarempa Tanamkan Budaya Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

  • Whatsapp
Staf-Kelurahan-Tarempa-dan-warga-saat-bergotong-royong-membersihkan-salah-satu-area-wisata

ANAMBAS (KP),- Semangat kebersamaan warga masyarakat Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan  Anambas (KKA) dalam menjaga kebersihan lingkungan patut dicontohi. Pasalnya, Sabtu (15/06) kemarin warga setempat begitu antusias membersihkan lingkungannya.

Samsir selaku Lurah Tarempa mengatakan, rutinitas gotong royong pada setiap hari Sabtu di Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan akan terus diprioritaskan mulai dari tingkat RT dan RW. serta masyarakatnya.

“Kegiatan ini menjadi rutinitas kami dan kami melibatkan masyarkat untuk kegiatan gotong royong ini,” sebutnya.

Menurut Samsir, gotong-royong tersebut dilakukan secara bersama-sama mulai  dari staf Kelurahan, RT, RW, Kepala Lingkungan (Kaleng), Komunitas Jaga Kampung (KJK) dan masyarakat.

“Fokus tempat gotong-royong kami yaitu di Taman Terbuka Hijau (Batu Lepe) Jalan Pasir Merah,” ujar Samsir menjawab koranperbatasan.com.

Budaya gotong-royong kata Samsir, merupakan salah satu simbol pemersatu kepentingan bersama. Hal itu terlihat ketika elemen masyarakat bergotong-royong yang secara tidak langsung telah menunjukkan bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama yaitu menciptakan lingkungan agar tetap bersih.

“Keterlibatan masyarakat dalam membangun budaya gotong-royong disetiap kampung  yang dilakukan seperti ini sangat penting. Pasalnya, masyarakat sendiri akan menilai keseriusan Pemerintah Daerah dalam membangun budaya gotong-royong,” tutur Samsir, Senin (17/06).

Lebih jauh lagi, Samsir menerangkan bahwa tindakan positif itu, merupakan peran aktif antara pemerintah dan masyarakat, membuktikan bahwa Pemerintah Daerah memiliki antusias yang kuat dalam memberikan contoh kepada masyarakat.

“Kemudian dengan adanya gotong-royong maka semua warga akan semakin kuat ikatan silaturahminya, baik dengan Pemerintah Daerah, kelurahan, maupun antara sesama masyarakat Kelurahan Tarempa sendiri,” katanya menerangkan. (KP).


Pewarta : Hepi Suhara


Lihat juga  Disdikpora Anambas Tetapkan Jadwal PPDB

Pos terkait